Jurnal Mingguan Refleksi II
Pada modul 1.2. Guru Penggerak. Banyak sekali materi yang saya dapatkan. Diantaranya
1. Diagram Gunung Es,
2. Kerja Otak,
3. Profil Pelajar Pancasila,
4. Peran Guru Penggerak,
5. Nilai Guru Penggerak.
1. Pada Diagram Gunung Es, eori Gunung Es Dalam Psikologi oertama kali dicetuskan oleh Bapak Psikologi, yakni Sigmund Freud., ia menggunakan perumpamaan gunung es ini untuk menjelaskan teorinya tentang pikiran manusia. Ia mengibaratkan bahwa bagian atas gunung es yang terlihat meruoakan pikiran sadar (conscious mind). Sedangkan di bawah pikiran sadar terdapat bagian yang disebut pikiran prasadar (subconscious mind), serta bagian terbesar dari gunung es terletak di bagian paling bawah yang tidak terlihat. Inilah yang kemudian disebut pikiran tak sadar (unconscious mind).eori Gunung Es Dalam Psikologi oertama kali dicetuskan oleh Bapak Psikologi, yakni Sigmund Freud., ia menggunakan perumpamaan gunung es ini untuk menjelaskan teorinya tentang pikiran manusia. Ia mengibaratkan bahwa bagian atas gunung es yang terlihat meruoakan pikiran sadar (conscious mind). Sedangkan di bawah pikiran sadar terdapat bagian yang disebut pikiran prasadar (subconscious mind), serta bagian terbesar dari gunung es terletak di bagian paling bawah yang tidak terlihat. Inilah yang kemudian disebut pikiran tak sadar (unconscious mind).
2. Kerja Otak, pada materi ini kita diajak untuk mengekplorasi kerja otak '3-in-1' secara singkat untuk mempelajari bagaimana manusia tergerak, bergerak, dan menggerakkan manusia lainnya. Oleh karena itu, guru harus lebih sadar bagaimana dirinya tergerak, kemudian memilih untuk tergerak, dan akhirnya memilih menggerakkan manusia lain.
3. Profil Pelajar Pancasila, Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
4-5. Peran Guru Penggerak dan Nilai Guru Penggerak Nilai guru penggerak meliputi mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak kepada murid. Guru penggerak harus membangun kerja sama dengan semua pihak yang terkait agar proses pembelajaran berpihak kepada anak.
Komentar
Posting Komentar